Jasa Pembuatan Maket Kawasan/MasterPlan/SitePlan

Pembuatan maket kawasan kini sedang banyak dicari. Apalagi saat ini di Indonesia sedang banyak digarap berbagai proyek termasuk wisata. Dalam hal ini, pembuatan kawasan wisata tersebut harus dibuatkan sebuah tiruan atau maket untuk dipresentasikan sebelum dibangun.

Maket sendiri cukup bermanfaat terutama bagi Anda yang akan membangun kawasan wisata. Selain itu Anda juga pasti bertanya-tanya terutama yang masih awam dengan apa itu maket. Oleh karena itu Anda patut menyimak uraian singkat tentang maket di bawah ini untuk menambah wawasan Anda.

Apa itu Maket?

Maket atau miniatur adalah perwujudan fisik 3 dimensi sebuah desain dalam skala kecil atau mini. Fungsi maket itu sendiri adalah sebagai media visualisasi sebuah desain. Sebagai alat untuk menjelaskan sebuah rancangan. Dan dalam perkembangannya di dunia properti, maket dipakai sebagai alat berpromosi kepada para konsumen atau investor.

Sedangkan maket kawasan atau biasa disebut dengan maket masterplan atau siteplan adalah sebuah maket yang memvisualisasikan sebuah kawasan utuh dan lengkap dari sebuah perumahan, pabrik, lahan pengembangan maupun seperti kawasan bandara atau smart city sekalipun.

Skala maket masterplan biasa antara skala 1:500 , 1:1000 , bahkan 1:2000 atau lebih. Hal tersebut tentunya menggunakan objek yang semakin kecil. Dengan kelengkapan sebuah konsep yang utuh, maka maket kawasan atau maket masterplan mampu menjelaskan kepada calon investor properti untuk tepat berinvestasi dan memilih unit sesuai kebutuhan dan peruntukkan yang tepat.

Fungsi Maket

Pembuatan maket kawasan yang dibuat pastinya punya fungsi sehingga sangat penting keberadaannya. Inilah beberapa fungsi dari maket:

  • Mendeskripsikan sebuah keadaan dalam suatu lingkungan dalam skala yang lebih kecil.
  • Media visualisasi sebuah desain.
  • Alat bantu dalam mempresentasikan sebuah desain yang akan direalisasikan atau diwujudkan.

Jenis-jenis Maket

Maket bukan hanya dibuat untuk kawasan saja, akan tetapi banyak jenisnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis maket:

Maket Kawasan
Maket kawasan merupakan maket yang hanya menampilkan blok-blok (kotak-kotak) dari suatu bangunan saja, tanpa harus berbentuk menyerupai keadaan aslinya.

Maket Biasa
Maket biasa merupakan maket yang hanya dibuat sesuai dengan bentuk suatu bangunan yang ada.

Maket Detail
Maket detail merupakan maket yang sengaja dibuat secara detail, dengan tujuan agar bisa memperlihatkan keadaan bangunan baik interior maupun eksteriornya.

Maket Arsitektural
Maket Struktural
Maket Mekanikal
Maket Diorama

Skala Maket

Maket adalah model yang terskala. Misalnya pada maket rumah biasanya menggunakan skala 1:100 yang artinya tiap 1 cm dalam maket, mewakili 100 cm (1 m) dalam skala aslinya.

Adapun skala yang biasa digunakan adalah:

Maket Skala 1:30

Maket rumah tinggal yang seringkali dipakai sebagai media promosi di ajang pameran perumahan biasanya menggunakan skala ini.

Maket miniatur rumah tinggal 1:30
Maket Skala 1 :50
Maket miniatur masjid 1:50
Maket Skala 1:100
Maket miniatur rumah tinggal 1:100
Maket Skala 1:200

Jenis maket yang seringkali menggunakan skala ini adalah:

Maket bangunan tinggi yaitu jenis maket bangunan bertingkat banyak yang lebih dari 4 lantai, single building dengan luasan tapak yang tidak terlalu besar. Dengan menggunakan skala 1:200, detail-detail bangunan masih terlihat di maket.

Maket kawasan dengan massa bangunan banyak, dengan batasan luas tapak tertentu. Luasan Tapak menjadi faktor utama dalam penentuan skala maket kawasan bermassa banyak. Luasan Tapak Kawasan akan menentukan seberapa besar luas meja maket. Dan dari luas meja maket ditentukan harga maketnya. Luas meja maket (cm2) x (Patokan harga/cm2) = Harga Maket

Maket Skala 1:500

Maket yang menggunakan skala ini biasanya adalah maket kawasan bermassa bangunan banyak, dengan luas lahan yang cukup luas. Misal: Maket kawasan perumahan, maket kawasan showroom mobil, maket kawasan wisata dan  maket kawasan pabrik.

Maket Skala 1:1000 ke atas

Maket yang menggunakan skala 1:1000 ke atas ini adalah maket kawasan dengan cakupan lahan yang sangat luas. Yang masuk dalam skala ini biasanya bangunan-bangunan infrastruktur dengan kawasannya. Tipe bangunan gigantisme seperti Bendungan dan jembatan.

Jasa pembuatan maket kawasan dari kami memang patut untuk Anda pilih. Hal tersebut dikarenakan jasa pembuatan maket yang kami tawarkan sudah berpengalaman di bidang maket sehingga tak bisa diragukan lagi kualitasnya. Selain itu kami juga adalah jasa pembuatan maket yang terpercaya.

Produsen Maket Miniatur & Diorama.
Telepon/WhatsApp : 081319455507

#Maket
#Miniatur
#Diorama
#Diecast

Produk/Artikel Terkait

0 comments