Manfaat Maket


Maket adalah sebuah miniatur atau model dari suatu bangunan yang akan dibuat, guna untuk memudahkan visualisasi hasil rancangan. baik berupa rancangan struktur, interior, eksterior atau siteplan. Ciri dari maket itu sendiri biasanya berbentuk seperti tiruan dalam tiga dimensi, mempunyai skala kecil (mini), bahan yang digunakan untuk pembuatanpun biasanya menggunakan bahan kayu, kertas, tanah liat, dsb.

Adapun fungsi dari maket miniatur bangunan  itu sendiri adalah :

Alat bantu dalam mempresentasikan kepada umum atau ramai tentang rencana bangunan yang akan dibangun.

Sebagai bentuk pengenalan geometri.

Biasa digunakan untuk memperkuat fungsi brosur dan iklan sebagai media informasi pemasaran.

Memudahkan konsumen memahami bentuk rumah dengan cepat.

Memang Dalam dunia properti, maket bukanlah hal yang tabu untuk diperbincangkan. Karena dengan menggunakan maket miniatur, baik developer maupun masyarakat bisa membayangkan bagaimana rancangan bentuk properti yang nantinya akan dibangun. Pada umumnya, maket diartikan sebagai bentuk model miniatur dari desain bangunan yang dirancang atau yang akan dibangun. Pekerjaan membuat maket ini biasanya dilakukan mahasiswa arsitektur tingkat akhir sebagai alat bantu presentasi atau dalam projek-projek pembangunan.

Adapun jenis dari maket itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni :

maket arsitektur/gedung (skala 1:200, 1:100, 1:50)
maket interior (skala 1:20, 1:10, 1:5, 1:1)
maket terperinci (skala 1:20, 1:10, 1:5, 1:1)

Sebuah maket tidak lebih dan tidak kurang adalah sesuatu yang abstrak hanya sebuah gambaran saja dari sesuatu yang sesungguhnya yang dipertaruhkan bukan penggambaran yang tepat dari suatu realitas, tetapi proses dari penyederhanaan untuk mendapatkan bentuk absiran yang telah ditentukan.

Adapun maket yang layak untuk di presentasikan menandai selesainya suatu proses perancang dan membutuhkan suatu upaya yang besar dalam membangun maket miniatur bangunan tersebut agar tampak lebih sempurna dari gambaran realitasnya.

Sumber : lamudi.co.id

Produsen Maket Miniatur & Diorama.
Telepon/WhatsApp : 081319455507

#Maket
#Miniatur
#Diorama
#Diecast

Produk/Artikel Terkait

0 comments